Analisis Buku Renungan Harian SQ+4U Bagi Perkembangan Rohani Anak 10-15 Tahun Berdasarkan Tatsonomi Bloom, Stimulus Respon dan Perspektif Psikologi Anak

Yenny Gooltje

Abstract


The purpose of this study is to find out whether SQ+4U Daily Devotional Book can improve the spiritual growth of children aged 10-15 years. Daily devotional book SQ+4U for age 10 to 15 is a devotional book published by Bandung Baptist Theology Seminary. The sale report, from June to Desember 2015 showed the growth from 600 examplars to 850 examplars or 42,5% increase. It mean that the devotional book has been read by 850 children and parents have put their that trust  for the spiritual growth of the their children to the back. The research uses quantitative method non experimental research, with the design method of case study. The result is that: “thrught reading  the daily devotional book X, children of age 10-15 age grow spiritualy”, because The book fulfill their desire from the front cover, the content, and the back cover, because it was according the psychological development theory.The devotional matterials educational objectives could change their behavior, because they can consist of texonomy Bloom’s that covered cognitive domain that incresed their knowlwdge  to them spiritual. believe ot God and psycomotoric domain that helped apply them spiritual.The message educational  is according to learning  theory of stimulus respon that stimulate and control children in doing the spiritual activities.

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah Buku Renungan  Harian SQ+4U dapat meningkatkan pertumbuhan rohani anak usia 10-15 tahun. Buku renungan harian ini diterbitkan oleh STTBB.  Dari hasil penjualan selama enam bulan (Juni – Desember 2015) menunjukkan peningkatan yaitu dari 600 exemplar setiapbulan menjadi 850 exemplar perbulan. Ini berarti buku Renungan Harian SQ+4U usia 10-15 tahun telah dibaca oleh 850 anak dan orangtua telah mempercayakan buku ini untuk pertumbuhan rohani anak mereka. Rumusan masalah seberapa jauh pengajaran buku Renungan Harian SQ+4U bagi perkembangan rohani anak usia 10-15 tahun. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif bukan eksperimen dengan rancangan peneltian studi kasus maka didapatkan hasil bahwa,”Buku Renungan Harian SQ+4U dapat membuat anak usia 10-15 tahun bertumbuh kerohaninya”. Karena buku ini memenuhi minat anak usia 10-15 tahun mulai dari penampilannya yaitu sampul depan luar, isi dan sampul belakang luar sesuai dengan teori psikologi perkembangan rohani anak usia 10-15 tahun. Kemudian Buku ini  materinya mengandung tujuan pembelajaran yang dapat mengubah tingkah laku anak karena sesuai dengan teori belajar tatsonomi bloom yang meliputi ranah Kognitif yang dapat meningkatkan pengetahuan Alkitab; ranah Afektif yang dapat meningkatkan kepercayaan anak terhadap Allah dan ranah Psikomotorik yang memberikan penerapan pengajaran rohani kepada anak dan buku ini pengajarannya terdapat  teori belajar stimulus respon yang dapat memberikan rangsangan serta control pada anak dalam melakukan kegiatan rohaninya.


Full Text:

PDF

References


Associates, Inc Dale Carnegie &. The 5 Essential People Skills : Kiat Menjadi Pribadi Yang Tegas, Mudah Memahami Orang Lain, Dan Cakap Menyelesaikan Konflik. Gramedia Pustaka Utama, 2023.

Bangun, Yosafat. INTEGRITAS PEMIMPIN PASTORAL. Yogyakarta: ANDI Offset, 2014.

Eddy, and Susan Wiriadinata. PEDOMAN PRAKTIS SEKOLAH MINGGU BAPTIS. Edited by Lina Maria. Dian CIpta, 2016.

Pramawaty, Nisha, Elis Hartati, Mahasiswa Program, Studi Ilmu Keperawatan, and Fakultas Kedokteran. “HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KONSEP DIRI ANAK USIA SEKOLAH (10-12 TAHUN).” JURNAL NURSING STUDIES, 2012. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jnursing.

Simanjuntak, Junihot. FILSAFAT PENDIDIKAN DAN PENDIDIKAN KRISTEN. ANDI, 2013.

Subagyo, Andreas B. PENGANTAR RISET KUANTITATIF DAN KUALITATIF. Bandung, 2014.

Wahab, Gusnarib, and Rosnawati. Teori-Teori Belajar Dan Pembelajaran. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents. Vol. 3, 2021. http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/1405/1/TEORI-TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN.pdf.

WIERSBE, WARREN W. No Title HIDUP BERSAMA FIRMAN TUHAN PAsal Demi Pasal Seluruh Alkitab Roma - Wahyu. Edited by Widyo Hermawan Okdrati Santoso, Elisabeth Chandra. Yogyakarta: Yayasan Gloria Usaha Mulis, 2014.

“HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI KETERLIBATAN AYAH DALAM PENGASUHAN DAN KEMATANGAN EMOSI PADA REMAJA” (n.d.). http://url.unair.ac.id/5e974d38.

“Pendidikan Anak Usia Dini Teori Dan Praktik Pembelajaran” (n.d.).

“PERKEMBANGAN MASA REMAJA (Usia 11/12-18 Tahun),” n.d.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Yenny Gooltje

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher: Sekolah Tinggi Teologi Baptis Bandung

Alamat: Jl. Soekarno Hatta No.762, Cipadung Kidul, Kec. Panyileukan, Kota Bandung, Jawa Barat 40614

Website: https://sttbaptisbandung.ac.id